tanah bergerak di Brau Kota Batu.
Sumber :
  • tim tvone - edy cahyono

Update Tanah Gerak di Brau Kota Batu, BPBD Minta Rekomendasi Jadi Kawasan Konservasi Tangkapan Air

Senin, 18 Maret 2024 - 10:15 WIB

Kota Batu, tvOnenews.com - Tanah bergerak yang terjadi di kawasan Dusun Brau, RT 01 RW 10 Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, menyebabkan 10 tembok rumah warga retak, tembok SD-SMP Satu Atap Baru pun retak, jalan aspal antar dusun ambles hingga 20-30 cm.

Peristiwa tanah bergerak di Dusun Brau terjadi pada hari Kamis 14 Maret 2024 kemarin. Kini pihak BPBD Kota Batu berharap pihak terkait segera merekomendasikan alih fungsi kawasan rawan tanah bergerak itu menjadi kawasan konservasi tangkapan air.

Pasalnya berdasarkan hasil kajian dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, BPBD Provinsi, dan ahli Geologi Universitas Brawijaya, kawasan tersebut tidak direkomendasikan untuk ditempati karena kondisi tanah yang labil.

Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu menuturkan, peristiwa tanah bergerak di kawasan ini bukan kali pertama terjadi. Pergerakan tanah terjadi akibat faktor tanah yang jenuh akibat curah hujan yang tinggi.

''Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Kami merekomendasikan warga terdampak untuk relokasi,'' kata Agung saat dikonfirmasi awak media, Senin (18/3). 

Peristiwa tanah bergerak di Brau bukan kali ini saja terjadi. Pada 2021 ada belasan keluarga yang mengungsi akibat peristiwa serupa. Untuk menangani masalah tersebut, terlontar ide untuk merelokasi warga yang bermukim di kawasan rawan bencana.

Namun, upaya itu belum terwujud sampai sekarang. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab, mulai dari keengganan warga karena tempat relokasi terlalu jauh, hingga Pemerintah Kota Batu yang kesulitan mencari lahan pengganti di wilayah sekitar.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral