Satpolairud Polres Situbondo himbau alat keselamatan melaut.
Sumber :
  • tim tvone - heri sampurno

Cuaca Buruk, Satpolairud Polres Situbondo Himbau Penggunaan Alat Keselamatan Melaut ke Para Nelayan

Rabu, 20 Maret 2024 - 14:01 WIB

Situbondo, tvOnenews.com - Cuaca buruk yang terjadi di perairan Jawa beberapa hari ini, membuat Satpolairud Polres Situbondo terus melakukan himbauan ke sejumlah nelayan di perairan Kabupaten Situbondo, Rabu (20/03).

Tidak hanya himbaun, sejumlah personil Satpolairud juga melakukan pemeriksaan ke sejumlah kapal nelayan maupun barang untuk mengecek alat keselamatan di laut yang berada di atas kapal, seperti baju pelampung, ban pelampung, senter, jas dan kompas.

Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Kasatpolairud) AKP Gede Sukarmadiyasa dan personelnya terus proaktif turun ke masyarakat untuk mengingatkan, mengimbau pentingnya keselamatan kerja. Salah satunya dengan membawa Life Jaket (pelampung) maupun Ring Lifebuoy yang dapat membantu menyelamatkan diri saat terjadi kecelakaan laut atau saat ada kerusakan pada mesin kapal.

“Banyak nelayan yang lalai tidak memperhatikan alat keselamatan saat melaut atau mencari ikan menjadi penyebab keselamatannya terancam saat di tengah laut bertemu dengan cuaca ekstrem, baik angin kencang maupun gelombang tinggi, yang saat ini masih terjadi di perairan laut Jawa Situbondo,” ujar AKP Gede.

Kesiapan sarana keselamatan terhadap diri sendiri saat menangkap ikan adalah hal yang sangat penting, maka anggota Satpolairud selalu menekankan kepada para nelayan untuk selalu membawa sarana untuk menyelamatkan diri saat terdapat gangguan karena cuaca buruk.

“Tidak henti–hentinya kami dari Satpolairud Polres Situbondo terus mengingatkan kepada nelayan akan pentingnya keselamatan dalam berlayar. Ini sebagai bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat," katanya.

Yang tidak kalah penting juga membawa alat komunikasi sehingga saat mesin rusak atau gangguan pada lambung kapal dapat menghubungi keluarga atau aparat dan memberitahukan posisi sehingga cepat melakukan pertolongan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral