Sinta Nuriyah Wahid Buka Puasa Bersama di Pura Agung Blambangan Banyuwangi.
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Sinta Nuriyah Wahid Buka Puasa Bersama di Pura Agung Blambangan Banyuwangi

Rabu, 27 Maret 2024 - 14:07 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Sinta Nuriyah Wahid, istri Presiden RI ke-4, alm Abdurahman Wahid (Gus Dur) menggelar buka bersama Ramadhan di Pura Agung Blambangan, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Selasa (26/3). Kegiatan ini merupakan rangkaian safari Ramadhan yang digelar ibu negara terdahulu tersebut.

Tiba di pura, Sinta Nuriyah disambut meriah umat Hindu. Deretan umat Hindu dengan pakaian khasnya berderet di halaman pura, diiringi gamelan ble ganjur. Acara diawali dengan doa lintas agama. Kegiatan ini menghadirkan perwakilan umat beragama di Banyuwangi.

Ada Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banyuwangi, KH Mohammad Yamien. Ada juga para tokoh dan ulama Islam, termasuk jajaran Fatayat dan Muslimat NU. Ikut hadir perwakilan umat Kristiani.

“Kegiatan buka bersama ini bagian dari safari Ramadan dan sahur keliling. Kami terus menggemakan pluralisme yang dahulu dimotori Gus Dur,” kata Sinta Nuriyah mengawali sambutannya.

Pihaknya memberikan penghargaan atas kemajemukan di Indonesia. Terutama, yang ikut hadir dalam buka puasa bersama di pura ini. 

“Saya merasa bangga, pluralisme tetap terjaga. Kita berkumpul di sini dari beragam suku dan agama,” jelasnya.

Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Banyuwangi Sardiyanto mengaku bangga bisa kedatangan tokoh nasional, Sinta Gus Dur.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral