Peringatan Hari Internasional Tanpa Sampah.
Sumber :
  • Tim tvone - tim tvone

Peringatan Hari Internasional Tanpa Sampah, Khofifah Ajak Masyarakat Pilah dan Kelola Sampah dari Skala Terkecil

Sabtu, 30 Maret 2024 - 10:54 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh elemen masyarakat untuk semakin giat melakukan pemilahan dan pengelolaan sampah. Mulai dari pengelolaan sampah rumah tangga, hingga sampah industri, demi menjaga keberlangsungan daya dukung lingkungan.

Ajakan itu disampaikan Khofifah bertepatan dengan Hari Internasional Tanpa Sampah yang ditetapkan PBB diperingati tanggal 30 Maret setiap tahunnya.

Dikatakan Khofifah, peringatan ini bukanlah tanpa alasan, melainkan sengaja digagas untuk menyadarkan manusia bahwa memperkuat pengelolaan sampah secara global dan perlunya mendorong pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

"Pengelolaan sampah sangat penting sebagai wujud kita untuk menjaga lingkungan. Untuk itu di momen ini kami mengajak masyarakat untuk lebih aware dalam mengelola sampah mulai dari diri sendiri dari rumah masing masing," kata Khofifah, Sabtu (30/3).

Salah satu yang bisa dilakukan dalam rangka mendukung Hari Internasional Tanpa Sampah adalah dengan menggalakkan kembali Bank Sampah. 

Ditegaskan Khofifah bahwa bank sampah merupakan salah satu solusi untuk memilah, mengolah dan mengurangi timbulnya sampah. Demi mengatasi volume sampah yang kian bertambah, bank sampah bisa dijadikan solusi untuk meminimalisir sampah yang dibuang ke lingkungan.

Sebagaimana diketahui bank sampah menerapkan prinsip reduce, reuse, dan recycle (3R). Reduce artinya mengurangi pemakaian barang sekali pakai yang berpotensi menjadi sampah. Reuse berarti memperbaiki barang agar bisa digunakan kembali. Sedangkan recycle mengubah bahan yang tidak terpakai menjadi barang baru.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:19
01:06
01:48
01:38
06:57
05:22
Viral