Petugas dinkes melakukan fogging di sejumlah permukiman warga di Banyuwangi..
Sumber :
  • happy oktavia

KLB, Chikungunya Serang Puluhan Warga di Banyuwangi

Jumat, 19 April 2024 - 15:06 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com – Akibat terjangkit chikungunya, Kecamatan Banyuwangi masuk kawasan Kejadian Luar Biasa (KLB). Sebab, puluhan warga di dua kelurahan di Kecamatan Banyuwangi terjangkit virus yang ditularkan oleh nyamuk ini.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat mengatakan, dua kelurahan itu berada di Singotrunan dan Kertosari. Untuk di Kelurahan Kertosari total ada 19 suspect dan enam positif chikungunya. Kemudian di Singotrunan ada 21 suspect dan ada 14 yang positif.

"Adanya kasus ini, maka masuk KLB tapi lokal tingkat kecamatan, karena kecamatan lain tidak ada," kata Amir, Jumat (19/4/2024).

Amir menjelaskan chikungunya adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Berbeda dengan Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menyebabkan kematian, Chikungunya tidak demikian. Ciri-ciri bila terkena penyakit ini adalah demam disertai nyeri sendi seolah lumpuh.

"Sembuhnya sekitar 1-2 minggu. Seharusnya ada pengobatan tapi kalau staminanya bagus bisa sembuh dengan sendirinya. Untuk warga yang terjangkit, kemarin sudah kita periksa sudah kita berikan obat," ujarnya.

Melihat adanya temuan kasus ini, Amir mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Upayanya adalah dengan masif melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Seluruh puskesmas yang tersebar di Banyuwangi juga diinstruksikan untuk turut aktif terlibat melakukan pencegahan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral