Bank Indonesia Jatim Sinergi dengan OJK DJPB LPS, jaga stabilitas ekonomi.
Sumber :
  • tim tvone - tim tvone

Bank Indonesia Jatim Sinergi dengan OJK, DJPB, LPS, Jaga Stabilitas Ekonomi Hadang Inflasi

Rabu, 24 April 2024 - 10:23 WIB

Surabaya, tvOne.news.com - Sinergi menjaga stabilitas ekonomi nasional, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jawa Timur mewaspadai tekanan nilai tukar mata uang, terutama mengenai pelemahan terhadap Rupiah yang akan memberi dampak inflasi, sehingga akan berpengaruh terhadap stabilitas ekonomi.

Kepala KPw BI Jatim, Erwin Gunawan Hutapea mengatakan, untuk mewaspadai pelemahan nilai tukar Rupiah tersebut, pihaknya memperkuat sinergi untuk menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Jatim.

Sebab, menurutnya, di era ketidakpastian global saat ini, dinilai perlu ada kewaspadaan khusus untuk memastikan kondisi ekonomi.

“Ini yang menjadi fokus kita, kalau kita lihat beberapa negara, tidak hanya Indonesia, nilai tukarnya mengalami deviasi dibandingkan dengan US Dollar,” ujar Erwin di acara Halal Bihalal dan Media Briefing 2024 di Surabaya. 

“Tapi kalau kita lihat, Indonesia relatif secara rata-rata tingkat deviasinya masih lebih baik dibandingkan beberapa negara,” sambungnya.

Erwin menegaskan, Bank Indonesia dengan berbagai stakeholder terkait akan terus berupaya menjaga stabilitas untuk memastikan kondisi perekonomian di Jatim. Sedangkan, untuk kewaspadaan kedua, yakni dari segi impor.

“Tantangan ke depan dalam menghadapi importir bisa lebih berat, mengingat nilai tukar rupiah terhadap dollar saat ini sedang berada di angka Rp 16.278. Sehingga, ini akan menjadi perhatian bersama. Upaya-upaya stabilitas akan terus menjadi fokus BI ke depan,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral