Kasus Kanker Meningkat di Surabaya, RSU Dr Soetomo sudah Tangani 389 Pasien dalam 3 Tahun.
Sumber :
  • tim tvOne - sandi irwanto

Kasus Kanker Meningkat di Surabaya, RSU Dr Soetomo sudah Tangani 389 Pasien dalam 3 Tahun

Rabu, 24 April 2024 - 14:37 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Pasien kanker di jawa timur yang menjalani perawatan di RSU Dr Soetomo Surabaya terus meningkat. Dalam tiga tahun terakhir pasien kanker ada sebanyak 389 kasus.

Banyaknya pasien yang berobat ini membuat antrean panjang di rumah sakit milik Pemprov Jawa Timur tersebut. Karena itu, pihak RS membuka onkologi center untuk penangan pasien kanker, termasuk di antaranya untuk anak.

Kemudian, banyaknya pasien kanker diantaranya anak-anak  yang dirawat di RSU Dr Soetomo Surabaya ini diungkap  Prof. I Dewa Gede Ugrasen, Kepala Intalasi Rawat Inap Anak// dijelaskannya. Di rumah sakit tipe A milik Pemprov JawaTimur ini per tahunnya banyak kasus yang ditanganinya,  hingga mencapai di atas seratus pasien.

Prof. I Dewa Gede Ugrasena  menyebutkan,  Untuk keganasan hematologi anak tiga jenis kasus, yakni  leukimia limfoblastik akut atau ALL , dan myeloid leukimia akut atau AML serta  leukemia myeloid cronis atau CML.

Selama tiga tahun terakhir sejak 2021 sampai 2024/ penyakit ALL  yang terbanyak dengan 389 kasus baru, sedangkan AML 32 kasus baru  dan onkologi atau kanker non hematologi sepanjang 2022 ada 228 kasus.

“Misalnya kanker kelenjar getah bening, kanker yang disebut sebagai tumor padat, ada neuroblastoma, retinoblastoma, kanker mata, ada kanker kelenjar syaraf, ada kanker tulang. Nah itu kalau kita jumlahkan kanker padat itu, per tahun data 2022 semua kasus baru kanker 228 per tahun. Sudah termasuk kanker padat,” uncap Prof I Dewa Gede Ugrasena.

“Contohnya thalasemia, jadi, kami pelayanan klinik hematologi onkologi itu ada hari-harinya sebelum pindah sini (layanan khusus anak). Contohnya Senin dan Selasa pelayanan khusus thalasemia, Rabu Kamis khusus kanker, Jumat pasien yang selain itu. Demikian juga kanker, dulu cuman hari Rabu, kita buka Senin-Jumat sehingga antrean itu pasti akan jauh berkurang,” terangnya lagi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
01:55
02:13
05:10
03:07
02:26
Viral