Petugas BKSDA Bawean bersama warga evakuasi Dugong di Pantai Pajinggahan, Tanjungori, Tambak, Bawean.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Warga Bawean Gresik Temukan Dugong Langka Mati Membusuk, Kepala Hancur di Pantai Pajinggahan

Kamis, 2 Mei 2024 - 13:40 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Seekor mamalia laut jenis dugong kembali ditemukan warga dalam kondisi mati membusuk di bibir pantai Pulau Bawean. Hewan langka yang memiliki nama ilmiah Dugong itu ditemukan di pinggir pantai Pajinggahan, Desa Tanjungori, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Gresik, Kamis (2/5).

Mamalia laut yang dikenal dengan istilah ikan duyung itu berjenis kelamin jantan dan ditemukan oleh warga sekitar dalam kondisi sudah membusuk.

Pihak BKSDA melalui Kepala Resort Konservasi Wilayah (RKW) 11 BKSDA Pulau Bawean, Nur Syamsi mengatakan, jika pihaknya menerima adanya laporan dari warga setempat tentang penemuan hewan jenis mamalia gajah laut itu pada Selasa (30/4) sekitar pukul 16.00 WIB.

Setelah mendapatkan laporan, selanjutnya pihak BKSDA langsung mendatangi lokasi penemuan mamalia laut bernama dugong tersebut. Disana petugas lalu melakukan evakuasi dan penelitian dugong yang terdampar di bibir pantai.

"Dugong jenis kelamin jantan ditemukan dalam kondisi mati di pantai Pajinggahan, Desa Tanjung Ori, Kecamatan Tambak. Kondisi Dugong keadaan membusuk dan kepala Dugong sudah hancur,” terangnya pada media.

Masih menurut dia, Dugong yang sudah mati itu, memiliki memiliki panjang 238 cm, lingkar 106 cm, dan panjang sirip 35 cm.

Syamsi menjelaskan ada beberapa faktor yang mempengaruhi dugong mati terdampar di lantai. Ada yang mungkin dibunuh nelayan, kerusakan lingkungan karang laut, serta karena adanya pengaruh cuaca. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:47
04:17
04:14
09:13
01:18
02:27
Viral