Pengendara motor tidak menggunakan masker di salah satu ruas jalan Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (6/1/2022).
Sumber :
  • Happy Oktavia

Omicron Masuk Jatim, Dewan Soroti Prokes di Banyuwangi Mulai Kendor

Kamis, 6 Januari 2022 - 11:37 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Covid varian Omicron sudah masuk Jawa Timur. Mirisnya, di tengah masuknya varian Omicron, justru protokol kesehatan (prokes) di Banyuwangi, Jawa Timur mulai kendor. Hal ini disayangkan anggota DPRD Banyuwangi Ficky Septalinda.

Politisi PDIP ini menyoroti banyaknya fenomena masyarakat Kota Gandrung yang mulai acuh dengan prokes. Salah satunya, tidak lagi disiplin menggunakan masker di tempat umum. 

“Kita lihat disiplin prokes di Banyuwangi mulai kendor, bahkan di tempat umum maupun pusat perbelanjaan. Ini mengkhawatirkan,” kata Ketua Komisi IV DPRD Banyuwangi ini, Kamis (6/1/2022) pagi.

Pihaknya mencontohkan, di pusat perbelanjaan waralaba tidak ada lagi fasilitas cuci tangan. Jika ada, kondisinya kosong, tanpa air. Bahkan, menurutnya, kotak sabun hanya tersisa botol. 

“Gentong cuci tangan banyak yang kosong. Lalu, tidak ada sosisalisasi prokes ke pembeli,” jelas Ficky. Masyarakat, menurut Ficky, juga banyak yang abai dengan prokes. Di jalanan, banyak pengendara yang tak lagi memakai masker. Dikhawatirkan, masyarakat berpikir Covid sudah menghilang. Sehingga, mulai lupa pentingnya prokes. 

“Mungkin dipikirnya Covid ini sudah tidak ada, sudah hilang. Padahal sekarang muncul varian Omicron yang lebih berbahaya,” jelasnya.

Pihaknya mendorong pusat perbelanjaan dan fasilitas umum kembali menyediakan fasilitas prokes. Dan, bersama-sama menyadarkan pentingnya bermasker hingga selalu rajin cuci tangan. Lalu, Satgas Covid makin ketat memantau fasilitas prokes di tempat umum. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
10:31
01:01
30:44
21:02
02:21
04:56
Viral