pasien diare anak-anak membludak.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Waspada! Pasien Diare Balita dan Anak-anak Membludak, Masyarakat Diminta Jaga Kesehatan Lingkungan

Kamis, 6 Januari 2022 - 15:49 WIB

Bangkalan, Jawa Timur - Puluhan pasien di RSUD Syarifah Ambami Ratoe Ebu, Bangkalan, Madura, membludak akibat diserang penyakit diare. Penyakit dengan suhu tubuh tinggi kebanyakan menyerang balita dan  anak-anak.

Sebanyak 48 balita dan anak-anak di awal bulan Januari 2022 dirawat di rumah sakit Syarifah Ambami Rato Ebu daerah Bangkalan, Madura. Salah satunya warga Bancaran, Kabupaten Bangkalan, Madura, yang merujuk buah hatinya di RSUD setempat, karena kondisi tubuhnya lemas dan mengalami demam tinggi, serta diare.

Khawatir penyakit balita yang berumur 8 bulan itu bertambah parah, orang tua langsung membawa ke rumah sakit Bangkalan.

"Setalah dirawat di RSUD, anaknya kondisinya sudah membaik," tutur Aminatus Solehah, orang tua balita.

Pihak rumah sakit menambahkan, bocah yang masuk ke rumah sakit Bangkalan kebanyakan sudah menderita cukup parah, sehingga kondisi tubuh mereka sampai kekurangan cairan.

"Penyakit diare yang menyerang balita jumlahya cukup banyak, dan rata-rata mereka membawa ke rumah sakit Bangkalan kondisi tubuhnya mengalami dehindrasi atau kekurangan cairan. Banyak yang pulang, namun pasien yang sakit baru juga banyak," imbuh dokter Shirley Ferlina, SpA

Pasien sebagian besar balita dan anak-anak, sudah sembuh dan pihak rumah sakit mempolehkan pulang. Diharapkan agar masyarakat menjaga kesehatan lingkungan dan menjaga pola makan anak, sehingga terhindar dari diare. (Dimas Farik/hen)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral