bupati gresik stop anggaran tidak perlu.
Sumber :
  • tim tvone - habib

Kondisi Keuangan PDAM Giri Tirta Terancam Kolaps, Bupati Gresik Stop Anggaran Tidak Penting

Jumat, 7 Januari 2022 - 12:41 WIB

Gresik, Jawa Timur - Pasca dicopotnya seluruh jajaran Direksi PDAM Giri Tirta Gresik, kini mulai terungkap adanya pengeluaran anggaran yang tidak masuk akal karena nilainya fantastis mencapai Rp8 milyar.

Terkuaknya penggunaan anggaran yang mengejutkan itu, setelah Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani langsung melakukan sidak dan evaluasi, di kantor PDAM Giri Tirta, Jalan Permata Kompleks Perumahan Bunder Asri, Kecamatan Kebomas, Gresik.

Dalam evaluasi kinerja dengan manajemen baru PDAM Giri Tirta, Fandi menemukan adanya kebobrokan manajemen PDAM Giri Tirta yang lama. PDAM yang selama ini berdalih merugi dan tidak bisa menyetor pendapatan asli daerah (PAD), ternyata mengalokasikan anggaran dana pensiun mantan pejabat dan pengadaan seragam pegawai. Dana pensiun Rp8 miliar dan pengadaan baju seragam Rp600 juta per tahun.

“Saya pastikan anggaran itu kita stop. Mohon maaf kita belum bisa memberikan anggaran tersebut karena kewajiban BUMD adalah untuk memberikan bantuan ke PAD belum dilakukan,” tegas Fandi.

Fandi melanjutkan, anggaran pensiun dan pengadaan baju seragam dihentikan karena kondisi keuangan perusahaan sedang terancam kolaps. Keuangan PDAM sedang kritis dan masuk perawatan intensif care unit (ICU).

“Penggunaan anggaran harus efisiensi dan efektif. Harus mengencangkan ikat pinggang,” sambung Fandi.

Meski demikian Fandi memberi toleransi jika belanja kebutuhan yang urgent untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan tetap diperbolehkan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral