polisi, tni dan relawan tanam ratusan pohon.
Sumber :
  • tim tvone - agus wibowo

Gerakan Peduli Lingkungan, Tanam Ratusan Pohon Pandan Laut, Selamatkan Konservasi Penyu

Jumat, 7 Januari 2022 - 13:41 WIB

Pacitan, Jawa Timur - Menjelang Hari Gerakan Satu Juta Pohon yang jatuh tanggal 10 Januari, sekaligus mengawali tahun 2022, Kepolisian, TNI dan Relawan Pacitan melakukan aksi menanam ratusan pohon, di sepanjang pesisir Pantai Pancer Dor, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Jumat (07/01/2022).

Aksi menanam pohon pandan di pantai ini diikuti oleh para pejabat kepolisian resort, TNI Koramil 01/0801 bersama relawan dan masyarakat umum, yang tergabung dalam Gerakan Peduli Lingkungan. Kali ini menanam sebanyak 170 bibit pohon pandan laut. Sebelumnya pohon pandan laut ini sudah ditanam lebih dulu di wilayah konservasi penyu Pantai Taman Ngadirojo. Tidak hanya menanam, gerakan peduli lingkungan ini juga melakukan pembersihan sampah di sepanjang pesisir Pantai. 

Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono menjelaskan bahwa Gerakan menanam dan bersih pantai ini merupakan kegiatan amal dalam bentuk penghijauan, yang melibatkan banyak pihak untuk berkontribusi di dalamnya. 

“Kami mengajak semua lapisan masyarakat, relawan untuk bersama bergerak menjaga alam, khususnya wilayah pesisir yang mana disitu hidup dan berkembang biak adanya konservasi penyu” ungkapnya.

Menurut Wiwit pohon pandan dipilih bukan tanpa alasan. Kapolres sekaligus tokoh peduli lingkungan ini mengutarakan bahwa pohon pandan merupakan salah satu yang dipilih, lantaran kegunaannya sebagai media untuk penanda penyu bertelur dan penghalau arus ombak terutama tsunami. Hal ini atas pertimbangan relawan penyu dan lingkungan hidup.

Sementara dari sisi lain, Kristanto seorang relawan penyu dan lingkungan hidup menyebutkan, bahwa salah satu alasan dipilihnya pohon pandan adalah juga karena alasan estetika, untuk mendorong nilai dan kualitas keindahan dari obyek pantai. 

"Selama ada pohon pandan, disitulah penyu bertelur. Periode pohon pandan ini lebih bertahan segala cuaca dan dapat berfungsi meneduhkan pesisir dari terik sinar matahari, sehingga bisa memberi warna bagi siapapun yang mengunjungi Pantai Pacitan,” tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral