Puluhan kapal layar motor di pelabuhan rakyat Gresik batal berlayar akibat gelombang tinggi.
Sumber :
  • tvone - habib

Gelombang Laut Capai Tiga Meter, Puluhan Kapal Layar Motor di Pelabuhan Gresik Gagal Berlayar

Kamis, 13 Januari 2022 - 08:31 WIB

Gresik, Jawa Timur- Puluhan kapal layar motor niaga tujuan sejumlah pulau di Indonesia, terpaksa menunda keberangkatannya demi keamanan karena dampak cuaca buruk, dengan ketinggian gelombang hampir mencapai 3 meter.

Sedikitnya terdapat sebanyak dua puluhan kapal layar motor yang sudah penuh muatan tujuan berbagai pelabuhan di Kalimantan dan Sulawesi yang terpaksa memilih bertahan di Pelabuhan Rakyat Gresik (Pelra).

Para pemilik kapal memilih menunda keberangkatan kapalnya, demi keselamatan para anak buah kapal (ABK) serta keselamatan kapal dan muatannya. Hal ini disebabkan ketinggian gelombang di laut jawa dan perairan lokasi tujuan kapal, gelombangnya tinggi hingga mencapai hampir tiga meter.

Alit Sudarsono, kasi keselamatan berlayar penjagaan dan patroli KSOP Gresik mengatakan, gelombang normal yang boleh dilalui oleh kapal jenis layar motor atau KLM yakni gelombang dibawah 2 meter. Sejak kemarin KSOP Gresik telah melarang kapal- kapal tersebut untuk tidak berlayar.

"Demi keselamatan ABK dan kapal larangan berlayar dilakukan. Diprediksi larangan berlayar hingga tanggal 16 Januari," lanjut Sudarsono.

Ditambahkan Sudarsono, selain kapal kapal jenis KLM, kapal penumpang tujuan pulau Bawean juga tidak boleh beroperasi, karena gelombang tinggi diatas 2 meter.

"Kapal tujuan Bawean kan spesifikasinya kapal penumpang, jadi hanya diperbolehkan berlayar disaat gelombang di bawah 2 meter," pungkasnya. (M.Habib/rey)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:09
06:21
05:05
03:27
01:36
06:06
Viral