Nelayan di Situbondo tak melaut akibat cuaca ekstrem.
Sumber :
  • tvone - hery sampurno

Tak Bisa Melaut, Nelayan di Situbondo Gadaikan Perabot Rumah Tangga untuk Makan Sehari-hari

Selasa, 18 Januari 2022 - 06:20 WIB

Situbondo, Jawa Timur - Dalam waktu sepekan terakhir ini angin kencang, hujan deras dan gelombang laut tinggi yang melanda perairan di Kabupaten Situbondo membuat ratusan nelayan tak berani melaut. Untuk makan sehari-hari, terpaksa para nelayan menggadaikan perabotan rumah tangga.

Ratusan nelayan di Pesisir Situbondo memilih diam di rumah sambil memperbaiki jaring dan memperbaiki perahunya yang rusak.

“Sambil menunggu cuaca kembali normal, kami memperbaiki jaring-jaring ikan yang rusak serta perahu,” jelas Nurul nelayan Pesisir Panarukan Situbondo.

Lebih lanjut Nurul menjelaskan, cuaca ekstrem di laut datangnya tiba-tiba, sehingga para nelayan memilih menambatkan perahunya hingga cuaca kembali normal.

“Untuk kebutuhan makan sehari-hari, kami dan teman-teman terpaksa harus menggadaikan perabotan rumah tangga,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan nelayan di Pesisir Besuki Situbondo. Mereka nggan melaut karena takut dengan cuaca ekstrem yang datangnya tiba-tiba.

“Kami memilih menambatkan perahu daripada melaut. Sebab, saat ini cuaca sulit di prediksi. Tiba-tiba, angin dan gelombang laut tiba-tiba datang, padahal cuaca cerah,” jelas Karudin nelayan asal Jawa Tengah yang mencari ikan di perairan Besuki.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral