Polisi gelar operasi yustisi.
Sumber :
  • Sinto

Unik, Pelanggar Operasi Yustisi di Jember Bisa Pilih Sanksi Tilang atau Divaksin Covid-19

Senin, 24 Januari 2022 - 08:01 WIB

Jember, Jawa Timur - Pilih tilang atau vaksin? Itulah pilihan yang diberikan polisi Polsek Sempolan Jember Jawa Timur pada pengendara kendaraan saat menggelar operasi yustisi di tempat wisata Agrowisata PPG cluster durian di desa Sidomulyo kecamatan Silo Jember pada Minggu (23/1/2022) sore.

Satu persatu pengguna jalan dicegat. Mereka dimintai sertifikat vaksin. Jika mereka sudah memiliki surat vaksin, polisi memperbolehkan melanjutkan perjalanan. Namun jika tidak bisa menunjukkan sertifikat vaksin, polisi memberi pilihan pada warga tersebut. Tilang atau vaksin. 

Seperti yang terjadi pada Wawan, supir truk yang mengangkut belasan wisatawan domestik ini. Truk yang sedianya dilarang mengangkut orang ini pun dicegat Polisi. 

Wawan pun diberi penjelasan jika truk dilarang mengangkut orang. Dan saat ditanya apakah Wawan sudah vaksin, sopir berumur 35 tahun ini mengaku belum.  "Kalau begitu pilih mana, tilang atau vaksin?," tanya AKP Suhartanto, Kapolsek Sempolan.  "Vaksin, pak," singkat Wawan menjawab pertanyaan polisi. Wawan kemudian digiring ke posko vaksin. 

Menurut Suhartanto, cara ini sengaja digelar karena pencapaian vaksin di wilayah hukumnya rendah. Demi mencapai target, akhirnya polisi bersama TNI dan tenaga kesehata menyasar tempat wisata dan jalan raya.

Setiap pengendara roda dua dan roda empat yang melintas di area yustisi dihentikan. "Kami juga menghentikan dan memeriksa pengunjung wisata di pintu masuk wisata," kata Tanto.

Hasil dari razia yustisi ini, ada sekitar 60 warga yang divaksin dosis pertama.  "Alhamdulillah, dalam waktu 1,5 jam ada 60 pelanggar yang mau divaksin," pungkas Tanto. Sinto/ner

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral