Pedagang Pasar Turi Surabaya berjualan di tempat sementara selama bangunan pasar direvitalisasi.
Sumber :
  • Zainal Azkhari

Pasar Turi Surabaya Dibuka Lagi setelah Bersengketa Selama 12 Tahun

Kamis, 27 Januari 2022 - 09:40 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Setelah sempat terhenti selama lebih 12 tahun, penataan pedagang Pasar Turi kembali dilanjutkan. Rencananya, Pasar Turi Baru akan dibuka pada 22 Maret 2022 mendatang.

Untuk memastikan pedagang yang akan menempati kios, pihak investor PT Gala Bumiperkasa (GBP) mulai menyosialisasikan penandatanganan adendum perjanjian pengikatan jual beli (PPJB).

Jalannya sosialisasi sempat diwarnai aksi protes pedagang Pasar Turi lama yang selama ini menempati lokasi Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pedagang Pasar Turi. Mereka menuntut untuk juga bisa ditampung di dalam Pasar Turi Baru sesuai perjanjian yang disepakati oleh Pemerintah Kota Surabaya di tahun 2011 silam.

"Saya membawahi sekitar 300 pedagang, kami akan tetap menuntut hak kami jika kami belum tertampung di dalam pasar Turi baru  kami menolak pasar Turi baru dibuka," tutur Arwie salah satu pedagang Pasar Turi Lama.

Menyikapi protes pedagang TPS, tim perwakilan PT GBP berjanji akan menyelesaikan seluruh persoalan dengan pihak pedagang TPS dengan Pemkot Surabaya.

Sementara itu dilain pihak perwakilan pedagang Baru yang datang dalam sosialisasi di lantai LG, G, dan 04. Dari sosialisasi tersebut, pihak PT GBP banyak menerima masukan dari para pedagang yang telah lama menunggu kepastian Pasar Turi Baru ini akan ditempati.

Salah satunya, Abdullah. Pedagang Garment yang telah memiliki kios selama 10 tahun, tetapi tak juga kunjung bisa berjualan. Dia mendesak pihak investor, jika Pasar Turi Baru, maka semua lapak di depan (tempat penampungan sementara) harus dibongkar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral