Polres Probolinggo tangani kasus penipuan online modus pinjaman Tokopedia.
Sumber :
  • Syahwan Kamahina

Modus Baru Penipuan Pinjol di Probolinggo, Berhasil Bujuk Korban Transfer Jutaan Rupiah karena Mengaku dari Tokopedia

Jumat, 28 Januari 2022 - 09:06 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Ada modus baru penipuan pinjaman online (pinjol) yang makin marak di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Seorang perempuan menjadi korban penipuan pinjol yang mengaku dari Tokopedia, salah satu platform marketplace di Indonesia.

Endang Martiningsih (40) warga Desa Talkandang, Kecamatan Kota Anyar, Kabupaten Probolinggo, mendatangi kepolisian sektor setempat, setelah merasa menjadi korban penipuan online tersebut.

Usai memberikan keterangan di ruang SPKT Polsek Kotaanyar, Endang menceritakan kronologi terjadinya penipuan bermodus pinjaman online itu. 

Endang bercerita, pada bulan Desember 2021 lalu, ia ditelepon oleh seseorang yang mengaku dari Tokopedia bernama Yuda. Orang yang tak dikenali tersebut menawarkan pinjaman uang dengan persyaratan foto KTP dan Kartu Keluarga.

"Orang itu mengaku bisa memberikan pinjaman uang. Dia pun meminta nomor rekening bank untuk mentrasfer uang pinjaman tersebut. Karena tidak memiliki nomor rekening, saya pun meminjam rekening milik keluarga," ujarnya. 

Setelah rekening yang diminta dikirim ke nomor telepon orang tersebut, lanjut Endang, beberapa hari kemudian pelaku mengirimkan gambar bukti transfer dengan nominal Rp 20 juta.

"Saya mengira uang pinjaman tersebut betul-betul sudah ditransfer. Namun setelah saya cek di ATM dan mau saya ambil, ternyata tidak ada saldo masuk," terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral