klenteng tri dharma siapkan perayaan imlek.
Sumber :
  • tim tvone - syahwan

Klenteng Tri Dharma Tunjukkan Pesonanya Sambut Tahun Baru Imlek, Usai Kebakaran 3 Tahun Silam

Jumat, 28 Januari 2022 - 19:07 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Usai mengalami kebakaran hebat di tahun 2019 silam, Klenteng Tri Dharma kembali menunjukkan pesonanya menyambut hari besar Imlek tahun 2022. Aktivitas pembersihan area peribadatan, ritual peletakan Arca dan peletakan patung Budha kembali dilakukan, Jumat (28/01/2022).

Menurut Evan Sujianto, Ketua Klenteng Tri Dharma, peletakan patung ini sesuai dengan hari yang ditetapkan oleh kepecayaan mereka, digelar pada tanggal 28 Januari 2022, di altar untuk tempat pemujaan umat Budha.

"Ini dalam rangka peletakan patung suci di altar yang seharusnya mas, selain itu juga untuk menyambut hari raya Imlek," terang Evan Sujianto.

Dikarenakan pernah mengalami kebakaran 3 tahun silam, bangunan cagar budaya inipun kerap melakukan peremajaan dan renovasi secara bertahap hingga sekarang. Renovasi menelan dana hampir sebesar 3 miliar rupiah. Dana itu hasil dari donatur dan para jemaatnya.

"Meski belum sepenuhnya pulih, namun secara bertahap ya mas, kan bangunan utamanya juga belum sepenuhnya selesai mas, tapi kita usahakan agar dapat secepatnya kembali pulih mas," tambahnya.

Mengingat, masa pandemi yang belum berakhir, untuk ritual acara hari besar Imlek seperti arak-arak barongsai dan leang leong akan ditiadakan di imlek tahun 2022. Namun untuk doa malam bersama tidak ditiadakan, lantaran adalah ibadah wajib bagi umat Budha dan Kong Hu Cu.

"Ya semoga hari besar Imlek tahun ini bisa berjalan lancar mas, dan kita semua bisa terhindar dari segala macam musibah mas," pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral