Ritual mengganti jubah menjelang Imlek di Klenteng Hoo Tong Bio.
Sumber :
  • tvone - happy oktavia

Jelang Imlek, Klenteng di Banyuwangi Gelar Ritual Ganti Jubah Dewa

Sabtu, 29 Januari 2022 - 06:52 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Menjelang perayaan Imlek, umat Tri Dharma di Kabupaten Banyuwangi, mulai menyiapkan berbagai kegiatan. Salah satunya, mengelar ritual ganti jubah. Seperti dilakukan umat Tri Dharma di Klenteng Hoo Tong Bio, Banyuwangi. Mereka mengganti jubah Yang Mulia Kongco Tan Hu Cin Jin.

Ritual didahului dengan kegiatan persembahyangan. Sebelumya, dilakukan pembersihan altar. Seluruh isi ruangan altar dibersihkan. Setelah itu, jubah diganti.

"Pembersihan dilakukan di dalam tempat persembahyangan. Mulai altar, rupang dewa dewi, lalu penggantian jubah," kata Sekretaris Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Hoo Tong Bio, Alexander Martin.

Sebelum proses penggantian jubah, ada ritual khusus yang wajib dilakukan. Yakni, petugas menjalankan tradisi vegetarian selama tiga hari. Tujuannya, agar diberikan keselamatan. Perayaan Imlek tahun ini, tidak akan digelar atraksi barongsai. Sebab, dikhawatirkan memicu kerumunan. Prosesi persembahyangan Imlek juga diajukan. Biasanya, digelar pukul 23.00 WIB, menjelang pergantian tahun. Umat yang ada di dalam klenteng juga dibatasi maksimal 30 orang.

“Tahun ini, kita ajukan pukul 21.00 WIB. Tentunya, tetap dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat,” jelas Alexander.

Selain mengganti jubah, persiapan Imlek diisi dengan mengganti sejumlah ornamen klenteng. Seperti, lampu lampion dan ornamen lainnya. (Happy Oktavia/rey)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:02
01:32
04:19
01:51
04:21
03:35
Viral