Umat Budha Probolinggo siapkan altar untuk ibadah jelang Imlek 2022.
Sumber :
  • Syahwan Kamahina

Pernah Hangus Terbakar, Kelenteng Tri Dharma Kembali Rayakan Imlek Di Kota Probolinggo

Sabtu, 29 Januari 2022 - 08:41 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Usai mengalami kebakaran hebat di tahun 2019 silam, Kelenteng Tri Dharma di Probolinggo yang menjadi tempat ibadah umat Budha sekaligus bangunan cagar budaya ini, kembali menunjukkan pesonanya menyambut hari besar Imlek di tahun 2022. Terlihat aktivitas membersihkan area peribadatan, ritual peletakan arca dan peletakan patung Budha kembali dilakukan, Jumat (28/1/2022)

Menurut Evan Sujianto sebagai Ketua Kelenteng Tri Dharma, peletakan patung di altar untuk tempat pemujaan umat Budha ini sesuai dengan hari yang ditetapkan oleh kepercayaan mereka, digelar pada tanggal 28 Januari 2022.

"Ini dalam rangka peletakan patung suci di altar yang seharusnya mas, selain itu juga untuk menyambut hari raya Imlek," terang Evan Sujianto.

Dikarenakan pernah mengalami kebakaran 3 tahun silam, bangunan cagar budaya ini pun kerap melakukan peremajaan dan renovasi secara bertahap hingga sekarang. Dari renovasi ini sendiri menelan dana hampir sebesar Rp 3 miliar, di mana dana sebesar itu hasil dari donatur dan para jemaatnya.

"Meskipun belum sepenuhnya pulih, namun secara bertahap ya Mas, kan bangunan utamanya juga belum sepenuhnya selesai, tapi kita usahakan agar dapat secepatnya kembali pulih," tambahnya.

Mengingat masa pandemi yang tak kunjung usai, untuk ritual acara hari besar Imlek seperti arak-arak barongsai dan leang leong akan ditiadakan di Imlek tahun 2022 ini. Namun untuk doa malam bersama itu tidak dapat ditiadakan, lantaran itu adalah ibadah wajib bagi umat Budha dan Kong Hu Cu.

"Ya semoga hari besar Imlek tahun ini bisa berjalan lancar dan kita semua bisa terhindar dari segala macam musibah," pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral