Bupati Gresik saat meninjau kondisi pasar Sidayu usai kebakaran.
Sumber :
  • tvone - habib

Pasca Kebakaran, Ratusan Pedagang Pasar Sidayu Gresik Direlokasi

Senin, 31 Januari 2022 - 07:54 WIB

Gresik, Jawa Timur- Agar aktifitas pasar Sidayu, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, tetap berjalan dan ratusan pedagang bisa berjualan kembali, Fandi Akhmad Yani, Bupati Gresik meminta agar Alun-alun Sidayu dapat dipergunakan, sebagai tempat penampungan sementara bagi para pedagang, Senin (31/1/2022).

Yani menegaskan, pasca kebakaran hebat yang menghanguskan ratusan kios pedagang pasar Minggu dini hari kemarin, pihaknya akan secepatnya melakukan perencanaan pembangunan dan merevitalisasi Pasar Sidayu, agar kondisinya kembali pulih, dan dapat digunakan seperti sedia kala. 

"Untuk sementara aktifitas pasar kita alihkan di Alun-alun Sidayu agar perekonomian masyarakat tetap jalan. Secepatnya kita akan koordinasikan dengan DPRD dan pihak terkait. Mohon doanya agar pemulihan pasar dapat kita lakukan secepatnya," ujar Yani. 

Dikatakan Yani, sesuai laporan yang dia terima, bahwa ada sekitar 259 kios yang terbakar. "Sementara masih proses identifikasi oleh pihak berwajib. Namun menurut laporan, ada 259 kios yang terbakar. Untuk korban jiwa nihil," sambungnya.

Seperti dikabarkan sebelumnya, diduga akibat hubungan pendek arus listrik, ratusan kios pedagang di Pasar Sidayu Gresik ludes terbakar, Minggu (30/01/2022). Kejadian kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp 2 milyar. Banyaknya bahan yang mudah terbakar didalam pasar mengakibatkan petugas pemadam sempat kesulitan menjinakkan api.

Tiga unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Gresik dikerahkan, sejumlah truk tangki air dari sekitar Sidayu juga tampak membantu memadamkan api. (M. Habib/rey)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
15:24
Viral