Syaifuddin Anam saat memberi makan ikan lele di kolam terpal.
Sumber :
  • tvone - habib

Bangkit dari Pandemi, Anak Nelayan di Gresik Sukses Budidaya Lele dengan Kolam Terpal

Selasa, 1 Februari 2022 - 08:02 WIB

Gresik, Jawa Timur - Usaha budidaya ikanlele bagi pemula tidaklah rumit, selain bibitnya mudah didapat, asalkan selalu tekun dan serius dalam menjalaninya, akan bisa menambah pundi- pundi penghasilan. Budidaya lele ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk bangkit secara finansial disaat pandemi Covid-19.

Seperti yang dilakukan Syaifuddin Anam, anak nelayan asal Desa Watu Agung Mengare, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik itu, mencoba bangkit dari dampak pandemi Covid- 19, dengan melakukan budidaya ikan lele berbagai jenis di lahan sempit pekarangan rumahnya, untuk membantu ekonomi keluarga saat tidak melaut akibat cuaca buruk.

"Ya Alhamdulillah mas, awalnya memang modalnya lumayan karena untuk beli terpal. Tapi sekali panen sudah kembali modalnya, "ujar Anam, Selasa (1/2/2022).

Anam menambahkan, saat panen secara umum ikan lele dapat dipanen sekitar 2 hingga 3 bulan dari penebaran bibit.

”Sekali panen sekitar 1 Kwintal (100 Kg). Satu kilogram ikan lele bisa berisi 7-8 ekor dengan ukuran 5-7 cm dengan harga Rp 16 ribu kalo kita menjualnya di tengkulak. Omzet tiap panen mengapai Rp 7 jutaan,” tuturnya. 

Anam menyebut hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan budidaya lele, yaitu kesiapan modal, untuk lokasi, bibit, dan juga pakannya, serta harus juga memperhatikan dampak lingkungan, karena limbah lele menyebabkan bau tidak sedap dan menambah sarang nyamuk.

Dikatakan Anam, ada tahapan yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha budidaya lele, yakni dari persiapan kolam. Membuat kolam ikan lele bisa menggunakan terpal dengan luas 3 meter berukuran bundar, serta memperhatikan juga kedalaman air kolam, agar saat siang hari lele tidak terlalu kepanasan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral