Alat pelumpuh penjahat buatan Kapolres Pacitan.
Sumber :
  • Agus Wibowo

Kapolres Pacitan Ciptakan Alat untuk Lumpuhkan Pelaku Kejahatan, Bentuknya Seperti Jaring Ikan

Rabu, 16 Februari 2022 - 10:17 WIB

Pacitan, Jawa Timur - Kapolres Pacitan memiliki inovasi unik alat penangkap pelaku kejahatan. Perangkat sederhana itu bernama Jaring Tongkat Tangguh. Seperti namanya, alat dimaksud berbahan jaring serta tongkat dengan ujung mirip huruf U.

Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono menuturkan, pembuatan alat tersebut, dilandasi filosofi tersendiri. Sebagai orang yang menyukai  mancing, dirinya sangat terbiasa mengamati karakter ikan. Salah satunya saat binatang laut itu terjebak jaring. 

"Meskipun ukuran fisiknya besar, ikan biasanya tidak akan banyak  bisa  bergerak saat tubuhnya terjerat jaring. Bahkan beberapa organnya yang runcing dan tajam tak bisa lagi digunakan untuk senjata," tutur Wiwit.

Sistem penangkapan tradisional inilah yang akhirnya diaplikasikan untuk memudahkan tugas kepolisian untuk menangani kejahatan. 

Di Pacitan sendiri pengadaannya akan diupayakan hingga tingkat Kepolisian Sektor serta Pemerintahan  Desa.

"12 Polsek di Pacitan bersifat wajib ada. Kalaupun bisa di-break down sampai pada tingkat desa tentu akan lebih baik lagi," lanjut AKBP Wiwit Ari Wibisono. 

Penggunaan Jaring Tongkat Tangguh itu disimulasikan di halaman Mapolres. Seorang pria digambarkan masuk ke halaman Polres. Kemudian Pemuda tersebut menghunus golok. Senjata tajam itu lantas diacung-acungkan ke arah aparat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral