Warga saat memprotes vaksinasi anak tanpa melalui persetujuan orang tua.
Sumber :
  • Hery Sampurno

Puluhan Wali Murid SD Negeri Menggeruduk Kantor Desa Lantaran Anaknya Divaksin Sekolah Tanpa Izin Orang Tua

Selasa, 22 Februari 2022 - 11:26 WIB

Situbondo, Jawa Timur - Puluhan wali murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Gadingan, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, menggeruduk Kantor Desa setempat, Selasa (22/2/2022). Para orang tua siswa memprotes tindakan yang dilakukan pihak sekolah karena melakukan vaksinasi ke anak mereka tanpa izin mereka.
 
Mendengar apa yang disampaikan anaknya, beberapa wali murid tersebut bukannya senang, tetapi justru melakukan aksi protes terhadap sekolah. Karena pihak sekolah tidak memberitahu terlebih dulu sebelum melakukan vaksinasi kepada anaknya. 

Salah satu wali murid Abdul Hadi menuturkan, dirinya meresa kecewa karena pihak sekolah tidak melakukan sosialisasi dulu ke orang tua tentang vaksinasi anak. Mereka bertambah kesal karena baru tahu kalau anaknya telah divaksinasi dari video yang diunggah di media sosial.

"Berkaitan dengan vaksinasi anak, mohon sosialisasikan dan disampaikan terlebih dahulu kepada wali murid sebelum melaksanakan vaksinasi," tutur Abdul Hadi.

Selain itu, masih kata Abdul Hadi, dia merasa takut dengan berita yang beredar di media sosial meskipun berita tersebut belum tentu kebenarannya (hoax).

"Dengan adanya berita di media sosial itu, bisa memengaruhi mental masyarakat. Seperti setelah divaksin orang tersebut sakit, sehingga warga takut dan enggan untuk melakukan vaksinasi, apalagi orang awam," ucapnya.

Menanggapi protes dari para orang tua, tim gabungan Satgas Covid-19 Kecamatan Jangkar melalui Kepala Puskesmas Jangkar Farida Lutfi menyampaikan, kegiatan vaksinasi ini merupakan program pemerintah, untuk menekan penyebaran penularan virus Covid-19 dan masuknya varian Omicron.

"Vaksin itu tidak berbahaya, vaksin itu sehat dan dapat membentuk anti bodi atau imun kepada orang yang divaksin sehingga terbentuk herd immnity," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral