Umat Hindu Banyuwangi menggelar ritual melasti di Danau Rowo Bayu, Kecamatan Songgon.
Sumber :
  • tvone - happy oktavia

Jelang Nyepi, Umat Hindu Banyuwangi Gelar Upacara Melasti di Danau Rowo Bayu 

Minggu, 27 Februari 2022 - 06:09 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Umat Hindu Banyuwangi menggelar upacara melasti di danau Rowo Bayu,Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Sabtu (26/2/2022) siang. Ritual ini serangkaian perayaan Hari Raya Nyepi

Upacara di kaki Gunung Raung ini diikuti ratusan umat dari sejumlah kecamatan. Kegiatan diawali dengan pengambilan air suci di danau Rowo Bayu. Air suci ini sebagai sarana penyucian sebelum menjalankan puasa Nyepi, 3 Maret mendatang. 

Setelah pengambilan air suci,seluruh umat Hindu menggelar persembahyangan bersama. Upacara dipimpin pemangku (sesepuh) umat setempat. Sebelum persembahyangan, umat mendengarkan ceramah rohani dari Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Banyuwangi. Setelah persembahyangan, umat membawa air suci ke pura dan rumah masing- masing. " Melasti sebagai prosesi awal sebelum kita menjalankan ibadah puasa Nyepi. Maknanya, melasti berarti penyucian diri dengan air suci," kata Mastejo, salah satu tokoh umat Hindu Banyuwangi. 

Upacara melasti di danau Rowo Bayu ini menjadi tradisi rutin tahunan. Danau Rowo Bayu yang berada di tengah hutan itu dipercaya menjadi petilasan Raja Blambangan, Tawang Alun. Danau ini berair tenang, dikelilingi hutan pinus. Selain danau, umat Hindu Banyuwangi juga menggelar upacara melasti di pantai. (Happy Oktavia/rey)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral