harga kedelai naik, penjual tahu mengeluh.
Sumber :
  • tim tvone - syahwan

Harga Kedelai Mahal, Pedagang Tahu Terancam Gulung Tikar

Selasa, 1 Maret 2022 - 14:19 WIB

Probolinggo, Jawa Timur – Akibat mahalnya harga kedelai di pasaran dalam tiga pekan terakhir ini, membuat sejumlah pemilik pabrik tahu rumahan di Kabupaten Probolinggo mengeluh, bahkan terancam gulung tikar.

Terpantau harga kedelai saat ini masih tinggi, dari harga sebelumnya Rp7500 per kilogram naik menjadi Rp11500 per kilogram (1/2). Agar tetap bisa bertahan, para produsen harus mengubah ukuran tahu dan tempe miliknya.

Jumiati, salah satu produsen tahu di Kotaanyar, Probolinggo mengatakan, kenaikan harga kedelai tidak hanya dikeluhkan oleh para pembeli di pasar tradisional dan pembeli rumahan saja.

“Jika sebelumnya kami hanya mengecilkan ukuran tahu dan menetapkan harga jual biar pelanggan tidak lari, tapi untuk saat ini siasat itu sepertinya sudah tidak berlaku lagi bagi pembeli,” terang Jumiati.

Lanjutnya, pembeli atau pelanggan yang biasa beli tahu kini beralih ke telor dan ikan laut. Jika kondisi ini terus berlarut, maka produksi tahunya akan terhenti atau sementara akan gulung tikar.

“Pemicunya dari harga kedelai yang masih mahal, sedangkan pembeli tak mau ukuran tahu atau tempe diperkecil,” tambahnya.

Sementara itu, hal serupa juga dikeluhkan oleh para pedagang tempe di pasar tradisional Kotaanyar, Probolinggo. Salah satunya Sarofah yang menyampaikan kini omset jualannya menurun, sejak harga kedelai naik dan ukuran tahu tempe diperkecil.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral