unjukrasa buruh tuntut revisi umk 2022 dan JHT.
Sumber :
  • tim tvone - khumaidi

Ribuan Buruh Turun ke Jalan, Tuntut Revisi UMK 2022 dan JHT

Selasa, 1 Maret 2022 - 14:50 WIB

Sidoarjo, Jawa Timur - Ribuan buruh dari sejumlah kota/ kabupaten di Jawa Timur, melakukan aksi unjukrasa, menuntut Gubernur Jatim merevisi keputusan kenaikan upah UMK 2022 dan permenaker tentang jaminan hari tua, Selasa (1/03). Akibat aksi demo buruh ini, arus lalu lintas jalur Sidoarjo-Surabaya lumpuh sekitar 2 jam.

“Kami mengerahkan massa dari perwakilam sejumlah pabrik di beberapa kota/ kabupaten di Jawa Timur. Ada sekitar enam ribu buruh yang turun jalan, menuju kantor Gubernur Jatim di Surabaya,” jelas Wahyu Budi Kristianto, korlap aksi.

Ribuan buruh yang tergabung dalam Gerakan Serikat Pekerja Buruh Jawa Timur ini melakukan aksi konvoi dan long march menuju bundaran CITO, perbatasan kota Surabaya. Selanjutnya massa menuju kantor Gubernur Jatim. Buruh menuntut revisi penetapan kenaikan upah UMK 2022, dan meminta pemerintah pusat mencabut permenaker terkait aturan jaminan hari tua.

Buruh mengancam akan mengerahkan massa yang lebih besar, jika tuntutannya tidak dipenuhi oleh Gubernur Jatim.

Aksi massa mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Buruh dari Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto,dan Gresik ini berkumpul di titik keberangkatan, di kawasan Puri Surya Gedangan Sidoarjo, untuk kemudian bersama-sama menuju kantor Gubernur.

Mereka berkonvoi dengan menggunakan enam mobil komando dan lebih dari 750 motor yang menyebabkan arus lalu lintas di jalur Sidoarjo-Surabaya tersendat. 

Untuk menarik perhatian masyarakat, tidak jarang dari perwakilan buruh turun dari kendaraan dan melakukan long march menuju Surabaya sehingga menambah kemacetan panjang. (Khumaidi/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral