Cakades terpilih meninggal dunia karena sakit.
Sumber :
  • tim tvone - syahwan

Cakades Terpilih Meninggal Dunia karena Sakit

Kamis, 3 Maret 2022 - 17:45 WIB

Probolinggo, Jawa Timur – Seorang Cakades terpilih Desa Alassapi, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo yakni Ahmadi, meninggal dunia setelah mengalami sakit dan dirawat di Rumah Sakit Wonolangan, Kabupaten Probolinggo. 

Ia meninggal di Rumah Sakit Wonolangan pada Kamis (03/03) pagi tadi. Ahmadi, terpilih sebagai Cakades yang hingga kini masih belum dilantik oleh Pemkab setempat. Desa Alassapi merupakan peserta Pilkades serentak di Kabupaten Probolinggo, yang diselenggarakan pada 17 Februari 2022 lalu.

Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto menegaskan, bahwa tidak ada pelantikan dari pengganti Cakades yang meninggal dunia dan tidak ada Pilkades ulang.

“Nanti diangkat Pj Kades. Waktunya sampai Pilkades lagi. Namun, saya pikir gak akan lama, termasuk yang tiga desa ditunda itu. Mau dipercepat dan sekarang lagi proses pembahasan,” kata Ugas Irwanto.

Ugas menerangkan, berdasarkan Perda 9 tahun 2017 tentang Desa, Cakades terpilih yang meninggal dunia, berhalangan tetap, atau mengundurkan diri dengan alasan yang dapat dibenarkan sebelum pelantikan, calon terpilih dinyatakan gugur, dan Bupati mengangkat pegawai negeri sipil dari pemerintah daerah sebagai penjabat desa.

“Penjabat Kades sebagaimana dimaksud pada ayat (1) melaksanakan tugas dan wewenang Kepala Desa sampai dilantiknya Kepala Desa hasil pemilihan langsung serentak sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” pungkas Ugas Irwanto. (Syahwan/hen)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral