pendataan lokasi penemuan benda purbakala.
Sumber :
  • tim tvone - aris sutikno

BPCB Jawa Timur, Identifikasi 14 Titik Tempat Penemuan Benda Purbakala

Selasa, 8 Maret 2022 - 18:25 WIB

Ponorogo, Jawa Timur - Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur melakukan pendataan lokasi penemuan sejumlah benda purbakala, di Desa Carangrejo, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo.

Dari proses identifikasi, ditemukan sebanyak 14 titik tempat penemuan benda purbakala, seperti batu yoni, watu lumpang, batu bata kuno, watu lemper hingga situs sumur kuno.

Kristina, arkeolog tim BPCB Jawa Timur mengatakan, pihaknya datang ke Desa Carangrejo, setelah mendapat laporan dari komunitas cagar budaya untuk dilakukan pendataan.

"Kita identifikasi, penanganan dan dokumentasi untuk dilakukan pendataan," terang Kristina.

Dari hasil identifikasi sementara, sejumlah artefak sudah mengalami kerusakan, seperti batu yoni yang kini digunakan sebagai tempat sakral warga setempat.

Sementara itu, untuk masa pembuatan sejumlah artefak belum bisa dipastikan, karena sudah dalam keadaan rusak. Sejumlah watu lumpang hingga kini tersimpan di pekarangan milik warga. 

Kristina menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan rekomendasi kepada kepala desa, dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Ponorogo, untuk dilakukan pemindahan. (Aris Sutikno/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
11:40
03:35
01:05
01:25
06:32
Viral