hujan deras sebabkan banjir dan longsor.
Sumber :
  • tim tvone - erfan

Hujan Deras di Lereng Gunung Wilis, Tebing Setinggi Tujuh Meter Longsor

Kamis, 10 Maret 2022 - 19:13 WIB

Madiun, Jawa Timur - Hujan lebat selama lebih dari tiga jam yang mengguyur wilayah hulu Gunung Wilis, Rabu (9/3) malam, tak hanya menyebabkan banjir, tapi tebing setinggi tujuh meter di Desa Durenan, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun, longsor

Selain membawa material tanah dan lumpur, tebing yang longsor juga membawa material pepohonan dan batu berukuran besar. Akses jalan antar desa dan alternatif antar Kabupaten dari Madiun menuju Nganjuk putus total.

Purnomo, Kepala Desa Durenan menyatakan, longsor pada tebing ini terjadi pada hari Rabu malam sekitar pukul 20.00 WIB. Banyaknya material longsor yang hanya dikerjakan secara kerjabakti massal, membuat proses evakuasi berlangsung lama. 

“Kita melakukan kerja bakti massal untuk mengevakuasi material longsor tersebut, karena akses jalan ini adalah penghubung antar desa Durenan dengan Batok, juga jalur penghubung antar Kabupaten, yaitu jalan alternatif Madiun menuju Nganjuk,” kata Purnomo saat dikonfirmasi di lokasi kejadian.

Purnomo menambahkan awalnya, hujan deras terjadi Rabu kemarin sejak pukul 16.00 – 23.00 WIB, sementara longsornya terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Karena jalan yang tidak lebar, seluruh materialnya menutupi badan jalan. 

Hingga Kamis (10/3), ratusan warga dibantu petugas gabungan TNI-Polri dan BPBD Kabupaten Madiun masih melakukan proses pembersihan jalan dari lumpur. Meski demikian, dapat dipastikan Kamis sore jalan sudah bisa dilalui kembali. (Miftakhul Erfan/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral