Warga pasang spanduk larangan tambang pasir ilegal di pantai Bawean.
Sumber :
  • tvone - habib

Tambang Pasir Ilegal Akibatkan Rusaknya Habitat Penyu Laut di Pulau Bawean Gresik

Jumat, 11 Maret 2022 - 08:56 WIB

Gresik, Jawa Timur- Mulai maraknya praktik tambang pasir ilegal di pesisir pantai Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, yang mengakibatkan habibat penyu laut mengalami kerusakan, membuat masyarakat Bawean yang tergabung di perkumpulan peduli konservasi Bawean (PPKB) resah. Oleh karenanya mereka terus berusaha mengingatkan para penambang, dan mengajak masyarakat pulau Bawean menjaga wilayah konservasi dan ekosistem penyu laut, yang berada di kaki bukit Bandara Harun Tohir Desa Tanjung Ori pulau Bawean. 

PPKB juga mendesak keseriusan pemerintah Kabupaten Gresik untuk menjaga ekosistem penyu laut, seiring dengan adanya kerusakan habitat akibat tambang pasir diduga ilegal dan semakin sempitnya tempat pendaratan, karena eksploitasi pengambilan penyu dan telurnya untuk diperjualbelikan. Kondisi tersebut merupakan suatu kerugian secara ekologi dan ekonomi. 

Ketua Perkumpulan Peduli Konservasi Bawean Muhammad mengatakan, ada berbagai langkah strategis yang dapat ditempuh, dengan penekanan utama pada program-program penyadaran masyarakat akan pentingnya upaya pelestarian penyu dan habitatnya. 

“Kami akan melakukan program-program  yang bersifat community based, (program berbasis community/ kelompok dan penyadaran masyarakat yang nantinya akan bermanfaat serta meningkatkan kesadaran kritis masyarakat,” ucapnya, Jumat (11/3/2022).

Menurutnya, upaya strategis untuk menjaga keberadaan dan kelangsungan hidup penyu laut, perlu dilakukan upaya penyelamatan atau pelestarian penyu di Pulau Bawean dengan melibatkan Pemerintah dan masyarakat setempat.

“Akibat penambangan pasir ilegal, dapat mengubah morfologi pantai dan mengakibatkan habitat penyu bertelur lambat dan menghilang khususnya di pulau bawean. Populasinya semakin sedikit bahkan hampir punah,” paparnya. 

Ketua Tim survei lapangan Perkumpulan Peduli Konservasi Bawean, Yusra menambahkan, berdasarkan hasil survei lapangan penyu bertelur diketahui mulai bulan januari lalu. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral