vaksinasi difteri di pulau gili, ketapang.
Sumber :
  • tim tvone - syahwan

Antisipasi Bahaya Difteri, Dinkes Jatim Gelar Vaksinasi Difteri di Pulau Gili Ketapang

Jumat, 11 Maret 2022 - 14:18 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur meninjau kegiatan vaksinasi difteri massal, di Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jumat (11/3).  

Vaksinasi ini dilakukan menyusul adanya satu pasien anak yang bernama Salsabela (7) meninggal dunia usai mendapat perawatan medis secara intensif di RSUD Dr. Moh Saleh, Kota Probolinggo.

Sebelumnya bocah yang diidentifikasi positif terpapar difteri ini kondisinya sempat membaik, bahkan terlihat sehat seperti anak - anak normal lainnya. 

Dinkes Jatim bersama tenaga medis dari Puskesmas Sumberasih Kabupaten Probolinggo menggelar sosialisasi ke masyarakat Pulau Gili, akan bahaya difteri, sekaligus melakukan vaksinasi massal di pulau berpenduduk hampir 10.000 jiwa ini.

"Penyakit difteri ini, salah satu penyebabnya juga berasal dari lingkungan yang kumuh dan minimnya sanitasi," terang Ina Mahanani, Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Jatim.

Penyakit ini dapat menular melalui partikel di udara, dan peralatan rumah tangga yang terkontaminasi. Oleh sebab itu, Dinkes mempercepat program vaksin massal di pulau ini, dengan tujuan dapat menekan angka penularan wabah ini.

"Maka dari itu kita berupaya antisipasi pencegahan dan penanggulangan penyebaran wabah difteri di sekitar tempat tinggal pasien,” tambahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:52
01:42
10:01
02:16
01:09
01:25
Viral