Kendaraan roda empat antre di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi pada arus balik, Jumat (6/5/2022)..
Sumber :
  • tim tvOne - Happy Oktavia

Arus Balik, Kendaraan Mulai Padati Pelabuhan Ketapang Banyuwangi 

Jumat, 6 Mei 2022 - 14:12 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur - Arus balik kendaraan mulai memadati Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jumat (6/5/2022) siang. Kendaraan didominasi pengendara roda empat. Mayoritas berplat nomor Bali. 

Mereka adalah para pemudik yang akan kembali merantau ke Bali. Para pemudik memilih pulang lebih awal karena menghindari antrean puncak arus balik. "Kebetulan, besok juga sudah waktunya masuk kerja. Kembali lebih awal juga menghindari antre di pelabuhan," kata Suroto (50), salah satu pemudik dari Blitar, Jawa Timur. 

Meski terjadi antrean, kondisi pelabuhan Jawa - Bali ini masih lancar. Kendaraan rata-rata hanya butuh 30 menit untuk bisa masuk kapal. 

Selain roda empat, pemudik pengendara roda dua juga mulai padat. Mereka memadati pelabuhan setelah tengah hari. Kebanyakan memilih balik lebih awal karena menghindari antrean. " Ini sudah rawan macet, jadi balik lebih awal saja," kata Desi (26), pengendara motor asal Jember. 

Meski terjadi lonjakan arus balik, jumlah kapal yang dioperasikan masih normal. Sebanyak 28 kapal dikerahkan. "Kondisinya masih ramai lancar, jumlah kapal masih 28 yang dioperasikan," kata Kapolresta Banyuwangi, Kombes Pol Nasrun Pasaribu disela memantau kondisi Pelabuhan Ketapang, Jumat siang. 

Data dari Posko ASDP Ketapang jumlah kendaraan roda empat yang kembali ke Bali mencapai 8.553 unit. Dari jumlah ini, kendaraan roda empat 4.030 unit, sedangkan roda dua sebanyak 3.254 unit. 

Sedangkan penumpang pejalan kaki dan dalam kendaraan mencapai 3.378 orang. Puncak arus balik ke Bali diprediksi akan terjadi Sabtu - Minggu besok. (hoa/ito)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral