Antisipasi RPH Kota Surabaya Terhadap Wabah Penyakit Mulut dan Kuku.
Sumber :

Wabah Penyakit Mulut dan Kuku di Jawa Timur Semakin Merebak Luas, Begini Antisipasi dari RPH Kota Surabaya

Senin, 9 Mei 2022 - 18:31 WIB

Surabaya, Jawa Timur – Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak di Jawa Timur semakin merebak luas.

Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sebagai penyakit hewan menular akut telah menyerang 1.247 ekor ternak sapi di sejumlah daerah seperti Kabupaten Gresik, Lamongan, Sidoarjo, dan Mojokerto. Hal ini kemudian mendapat perhatian serius dari Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan Kota Surabaya (RPH Surya).

Semenjak beredarnya informasi tentang laporan adanya wabah penyakit menular (PMK) di Jatim akhir pekan lalu, RPH Kota Surabaya langsung melakukan tindakan preventif guna mencegah masuknya virus tersebut di lingkungan RPH Kota Surabaya.

Direktur Utama Perusahaan Daerah RPH Kota Surabaya Fajar A. Isnugroho mengatakan tindakan antisipasi yang dilakukan pihaknya adalah seperti meningkatkan pengawasan sapi yang masuk di lingkungan RPH Kota Surabaya dengan memeriksa Surat Keterangan Sehat Hewan (SKKH) asli dari daerah asal hewan.

“Dengan SKKH asli, RPH hanya ingin memastikan ternak sapi yang masuk ke RPH bukan berasal dari wilayah Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Mojokerto, tempat terjadinya wabah PMK. Sebab Surabaya sangat dekat dengan 4 wilayah itu,” tegas Fajar di kantor RPH Pegirian, Senin.

Selain memeriksa SKKH asli, RPH juga melakukan penyemprotan disinfektan kepada semua ternak dan kendaraan pengangkut hewan yang masuk ke lokasi RPH.

Tindakan itu merupakan upaya peningkatan bio safety dan bio security di lingkungan RPH Kota Surabaya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral