Meski ada wabah PMK, pasar hewan di Malang tetao ramai, Kamis (12/5/2022)..
Sumber :
  • tim tvOne - edy cahyono

Wabah PMK Tidak Pengaruhi Penjualan Sapi Di Kabupaten Malang

Kamis, 12 Mei 2022 - 14:13 WIB

Malang, Jawa Timur - Meskipun di tengah merebaknya kasus Penyakit Mulut dan Kuku atau PMK, hal tersebut tidak mempengaruhi transaksi jual beli sapi, seperti yang terjadi di pasar hewan Gondanglegi, Kabupaten Malang, Jawa timur.

Pada kamis (12/05/2022) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, bersama pihak terkait telah melakukan sosialisasi kepada para pedagang hewan dipasar tersebut.

Saat melakukan sosialisasi mereka memastikan, wabah penyakit mulut dan kaki atau PMK pada hewan ternak sejauh ini masih suspect. 

Sosialisasi yang dilakukan oleh petugas tidak membuat aktivitas jual beli di Pasar Hewan Gondanglegi, Kabupaten Malang, terhenti. Sesuai pengamatan dilapangan pada kamis siang (12/5/2022), bahkam ratusan ekor sapi dari berbagai daerah di Jawa Timur, masih meramaikan transaksi jual beli.

Sementara itu Menurut Hasan Bisri, salah satu pedagang hewan sapi menjelaskan, kondisi hewan sapi yang nampak bersih badanya merupakan dari luar kota. 

"Hewan sapi yang badannya bersih itu dari luar kota, itu dari Kediri. Bedanya ya itu, kalau badan sapinya bersih itu di datangkan dari jauh. Sebelum masuk pasar sini di mandikan dulu. Tapi kalau yang kotor, biasanya dari peternak rumahan disekitaran Kabupaten Malang yang langsung dibawah ke pasar hewan untuk di jual," kata Bisri.

Terhitung sejak pekan lalu pasca libur lebaran Idul Fitri kemarin Menurut Bisri, animo masyarakat masih sangat tinggi untuk membeli hewan sapi.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:41
20:11
09:55
13:31
06:01
02:57
Viral