Pemeriksaan Mulut Sapi yang Terdeteksi Terjangkit PMK oleh Dokter Hewan di Pasar Hewan Pasirian Lumajang.
Sumber :
  • tvone - wawan sugiarto

Antisipasi Penyebaran Wabah PMK, Pemkab Lumajang Siagakan Dokter Hewan di Pasar Hewan

Jumat, 13 Mei 2022 - 10:10 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi milik warga di Kabupaten Lumajang, Pemerintah Kabupaten Lumajang menyiagakan dokter hewan di masing-masing pasar hewan.

Setidaknya terdapat 4 pasar hewan di Kabupaten Lumajang yang menjadi tempat perdagangan sapi, yakni di Kecamatan Lumajang, Yosowilangun, Pasirian, dan Klakah. Nantinya dokter hewan tersebut akan melakukan tindakan apabila ditemukan sapi yang memiliki gejala PMK di lapangan.

"Kami telah koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan  Pertanian , serta menyiagakan dokter hewan di setiap pasar hewan di Lumajang," kata Suharwoko Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, Kamis (12/5).

Suharwoko menambahkan pihaknya juga meminta kepada petugas pasar untuk lebih aktif bergerak melakukan pengecekan terhadap hewan ternak yang masuk ke pasar hewan.

"Kami selaku penanggung jawab pasar telah perintahkan petugas pasar untuk lebih aktif bergerak melakukan pengecekan, jika ada yang terdeteksi terjangkit langsung ambil tindakan," tambahnya.

Saat disinggung soal penyertaan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) dalam proses jual beli di pasar hewan, Suharwoko mengatakan langkah itu sulit untuk dilakukan. Sebab, pihaknya mengaku alami kesulitan untuk mendeteksi desa asal sapi tersebut.

"Kalau itu kita kesulitan untuk mendeteksinya karena sapi ini datang dari banyak desa, tapi kami yakin sapi yang ada di pasar hewan kebanyakan pasti dalam kondisi sehat," pungkasnya. (wso/bel)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral