petugas pantau kandang sapi.
Sumber :
  • tim tvone - syahwan

Antisipasi Penularan Virus PMK, Petugas Awasi Ketat Kebersihan Kandang Sapi

Jumat, 13 Mei 2022 - 14:23 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Bhabinkamtibmas Polres Probolinggo bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Kabupaten Probolinggo, terus mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada sapi. Petugas gabungan mendatangi beberapa peternakan sapi, di wilayah Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jumat (13/5). 

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, adapun beberapa kandang komunal sapi di Kecamatan Lumbang, diantaranya di Desa Negororejo, Desa Purut, Desa Wonogoro, Desa Lumbang, dan Desa Sapeh. 

"Kami melakukan pengawasan secara intensif untuk melihat secara langsung kondisi hewan ternak di lapangan terutama terhadap hewan ternak yang didatangkan dari luar Probolinggo," katanya.

Lebih lanjut kata Kapolres, penyebaran PMK pada sapi ini, tidak perlu dikhawatirkan sebab tidak bisa menyebar ke manusia. 

Selain itu, daging dari hewan yang terinfeksi penyakit PMK masih bisa dikonsumsi, namun untuk bagian organ dalam dan lidah sapi tidak dapat dikonsumsi. 

"Daging sapi ini merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat, sehingga kami perlu melakukan pengecekan terhadap hewan secara langsung di lokasi peternakan," tutur Kapolres. 

Tak hanya daging sapi, Kapolres mengatakan bahwa susu yang dihasilkan dari sapi juga perlu diolah dengan cara dipanaskan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:06
01:36
01:46
02:27
05:13
01:51
Viral