Kantor Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, Jawa Timur..
Sumber :
  • tim tvOne - Syahwan Kamahina

Kasus DBD di Kota Probolinggo Meningkat, 3 Diantaranya Meninggal Dunia

Rabu, 18 Mei 2022 - 09:41 WIB

Probolinggo, Jawa Timur – Kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) di Kota Probolinggo di tahun 2022, mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun 2021 lalu. 

Tercatat dari data dinas Kesehatan Kota probolinggo, selama tahun 2021 ditemukan sebanyak 153 orang terjangkit DBD dan tidak ada korban yang meninggal dunia. Namun di tahun 2022, sejak awal bulan januari hingga pertengahan bulan mei ini sudah 3 orang meninggal dunia akibat DBD dari 161 temuan kasus di lima kecamatan.

Plt Kepala Dinas Kota Probolinggo Dr. Nurul Hasanah Hidayati menjelaskan, dari lima kecamatan yang ada di kota Probolinggo, paling banyak terdapat di Kecamatan Kanigaran dimana ditemukan 64 temuan kasus DBD dan satu diantaranya meninggal dunia.

“Untuk Kecamatan lain seperti Wonoasih ditemukan sebanyak Sembilan kasus, satu diantaranya meninggal dunia, disusul dengan Kademangan didapati sebanyak 27 temuan kasus yang satu diantaranya juga meninggal dunia,” ucap Dr. N.H Hidayati, Rabu (18/5/2022).

Sedangkan di wilayah Kedopok sebanyak 15 temuan kasus, dan di Kecamatan Mayangan terdapat 46 temuan kasus. Namun dua Kecamatan tersebut tidak ada korban DBD yang sampai meninggal dunia.

“Oleh sebab itu, segala upaya terus kita lakukan dengan tujuan mampu menekan temuan kasus DBD ini, seperti halnya kita lakukan edukasi pola hidup sehat pada warga dan melakukan fogging di beberapa wilayah secara bergantian mas,” terangnya.

Sehingga masyarakat dianjurkan melaksanakan program satu rumah satu jumantik, dimana jumantik berperan untuk memantau jentik nyamuk di lingkungan rumah dan menerapkan pola hidup sehat serta melakukan Mengubur, Menguras, Menutup (3M).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral