Petugas ambil sampel sapi suspek PMK di Madiun.
Sumber :
  • Miftakhul Erfan

2 Sapi di Madiun Suspek PMK, Petugas Ambil Sampel untuk Uji Lab

Rabu, 18 Mei 2022 - 18:24 WIB

Madiun, Jawa Timur - Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Madiun, Rabu (18/5/2022) menemukan 2 ekor sapi yang suspek penyakit mulut dan kaki (PMK) dengan ciri-ciri terdapat luka pada mulut yang mengeluarkan busa, serta luka pada bagian kaki saat mereka melakukan pemeriksaan kesehatan. 

Petugas dari Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta yang datang langsung mengambil sejumlah sampel untuk dilakukan uji laboratorium guna memastikan penyakit yang dideritanya apakah benar PMK atau penyakit lain. 

Sementara itu, Bagus Sri Yulianto, Kabid Peternakan DKPP Kabupaten Madiun membenarkan atas temuan 2 ekor sapi milik warga di Desa Sambirejo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun. Saat ini kedua sapi tersebut diambil sampel untuk diuji lab.

“Sakitnya sapi tadi ciri-ciri nya mirip dengan PMK, tapi kita belum bisa memastikan itu PMK sebelum ada hasil dari uji lab," ujar Bagus usai melakukan pemeriksaan sapi suspek PMK.

Bagus menambahkan, bahwa yang diambil petugas untuk diuji lab adalah swab dari rongga mulut kemudian dari salivanya. Karena luka-luka yang dialami mirip seperti gejala penyakit kuku dan mulut. 

“Jadi ciri yang kasat mata tadi ada luka di kakinya dan di rongga mulut ada lukanya, sehingga terus mengeluarkan busa," tambahnya.

Tindakan yang dilakukan petugas selama menunggu hasil tes uji laboratorium, kedua sapi tersebut dikandangkan terpisah dengan yang sehat atau dikarantina sementara agar tidak terjadi kontak dengan sapi lain. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:48
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
Viral