Jamaah calon Haji gagal berangkat karena peraturan pembatasan usia.
Sumber :
  • tvone - miftakhul erfan

Kecewa dan Pasrah, Dua Calon Jamaah Haji Asal Madiun Gagal Berangkat karena Pembatasan Usia

Sabtu, 28 Mei 2022 - 09:29 WIB

Madiun, Jawa Timur – Niatan untuk menjalankan rukun Islam yang ke lima dengan berangkat haji ke tanah suci mungkin kini hanya tinggal mukjizat bagi Syamsuri (73) dan Ngadenan (80), keduanya merupakan warga Desa Sambirejo, Kecamatan Geger Kabupaten Madiun. 

Bagaimana tidak niatan untuk naik haji ini sudah mereka mulai sejak mendaftarkan diri ke Kantor Kemenag Kabupaten Madiun sejak tahun 2015 silam. Mereka dijanjikan berangkat haji pada tahun 2020 namun gagal lantaran Pandemi covid-19. 

Dan kini harapan tersebut tertunda lagi bahkan mungkin saja bisa gagal lantaran adanya aturan baru dari pemerintah Arab Saudi, tentang pembatasan usia calon jamaah haji diatas 65 tahun terpaksa ditunda. 

Syamsuri (73) Calon jamaah haji sejak tahun 2015 ini mengaku merasa kecewa dengan aturan haji saat ini. Dirinya mengaku sudah kali kedua ini gagal haji karena alasan covid 19 pada tahun 2020 lalu, dan kini gagal lagi karena belum ada panggilan dari kantor kemenag. 

“Harusnya tahun ini saya berangkat mas tapi belum juga ada panggilan dari kantor kemenag, katanya kan diutamakan yang sudah usia lanjut ya mudah-mudahan saja tahun depan,” ujar Syamsuri saat ditemui di rumahnya, Kamis (27/5/2022). 

Menurutnya, soal aturan pembatasan usia calon jamaah haji di atas 65 ditunda, dirinya belum mendapat informasi langsung dari kantor Kemenag Madiun, namun tahunya kebijakan tersebut setelah melihat dari televisi. 

“Ya tahunya dari tv, kalau dari kantor agama belum ada, tapi akhirnya saya berfikir kalau gitu saya gak bisa berangkat. Kalau terus-terusan begini Indonesia bisa acak-acakan aturanya,” tambahnya. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral