Polsek Wonoasih Probolinggo Kota pantau pasar sapi cegah penularan PMK.
Sumber :
  • tvone - syahwan

Antisipasi PMK Meluas, Petugas Pantau Aktivitas Pasar Sapi Wonoasih di Kota Probolinggo

Minggu, 29 Mei 2022 - 09:24 WIB

Probolinggo, Jawa Timur - Polsek Wonoasih gencar melakukan pemantauan ke lokasi pasar sapi, untuk mengantisipasi meluasnya penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kelurahan Jrebeng Kidul Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo. Minggu (29/5/2022).

Dalam aksinya, petugas Polsek Wonoasih memberikan imbauan dan edukasi agar pemilik ternak sapi benar -benar menjaga kebersihan mulai dari makanan sampai kandang sapi. Karena di sejumlah daerah penularan PMK terjadi sangat cepat hingga menyebabkan kematian terhadap hewan sapi.

Kapolsek Wonoasih Kompol Sumarjo melalui Bripka Fauzan anggotanya mengatakan, bagi pedagang sapi maupun masyarakat peternak sapi yang akan membeli sapi agar berhati-hati dan memperhatikan keadaan kesehatan sapi yang akan dipinang.

"Para pedagang sapi di pasar sapi wonoasih, untuk mewaspadai Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang kian meluas," katanya.

Lebih lanjut, Bripka Fauzan juga menyampaikan agar tetap menjaga dan memperhatikan kesehatan sapi serta kebersihan kandang sapi, guna mencegah penyakit yang bisa menyerang ternak sapi secara mendadak hingga mati.

“Jika ada ternak sapi yang mengalami gejala aneh atau tidak wajar, peternak secepatnya melapor kepada dokter hewan atau Dinas peternakan dan pihak Kepolisian untuk diambil langkah pencegahan lebih cepat,” pungkasnya.

Pada umumnya ciri - ciri gejala PMK pada ternak sapi yaitu demam tinggi, ternak tampak lemas tidak mau berdiri, air liur berlebihan dan mulut berbusa, adanya lepuh pada mulut dan kuku. (msn/rey)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral