Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyapa komunitas etnis Bali dalam Pasar Kebangsaan.
Sumber :
  • tvone - happy oktavia

Unik, Pasar Kebangsaan di Banyuwangi Tawarkan Aneka Kuliner Lintas Etnis

Senin, 6 Juni 2022 - 06:43 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Tidak hanya budaya, Kabupaten Banyuwangi dikenal kaya akan kuliner lintas etnis. Berbagai kuliner ini disatukan dalam Pasar Kebangsaan yang digelar di Desa Bulusari, Kecamatan Kalipuro, Minggu (5/6/2022). Berbagai kuliner khas dari seluruh suku di Bumi Blambangan ditawarkan. Mulai etnis Madura, Bali, Tiongkok, Arab hingga Bugis dan Minang. Tentunya, seluruhnya dijamin halal.

Menggunakan pakaian adat masing-masing, seluruh suku membuat warung berbahan bambu. Seluruhnya berjajar rapi, lengkap dengan ornament khasnya. Setiap warung menyuguhkan aneka kuliner lengkap.

“Jadi, ini bagian dari merajut harmoni di Banyuwangi yang memiliki keragaman suku, etnis dan budaya dengan Festival Ngopi Kebangsaan ini,” kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani.

Para suku yang di Banyuwangi sudah menetap lebih dari tiga generasi. Sehingga, sudah menjadi bagian dari warga di kabupaten ujung timur Jawa ini.

“Mudah-mudahan ini bisa memperkuat persatuan ,sekaligus mendongkrak pembangunan ekonomi masyarakat Banyuwangi," jelas Ipuk.

Meski baru pertama kali digelar, Pasar Kebangsaan ini terbilang sukses, memikat wisatawan. Rata-rata, pengunjung dari wisatawan lokal penasaran dengan aneka kuliner yang ditawarkan. Selain kuliner dan buah-buahan, disuguhkan juga berbagai atraksi seni dari masing-masing etnis. Menambah meriah suasana pasar.

“Ini cukup bagus. Kuliner yang ditawarkan juga beragam dan halal,” kata Rozik, salah satu pengunjung. (hoa/rey)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:58
06:38
01:04
05:15
09:25
Viral