Pengetatan distribusi hewan ternak di sejumlah dermaga di Jatim.
Sumber :
  • tvone - zainal azhari

Cegah PMK Meluas, Polisi Awasi Peredaran Ternak Melalui Dermaga ‘Tikus’ di Jatim

Selasa, 21 Juni 2022 - 07:54 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Upaya mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak terus dilakukan oleh satuan kerja maupun satuan wilayah Polda Jawa Timur. Kali ini Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) Polda Jawa Timur, mengoptimalkan patroli di wilayah perairan untuk melakukan pengawasan peredaran hewan ternak di sejumlah dermaga, yang ada di Jawa Timur.

“Kami lakukan pengawasan di sejumlah dermaga, diantaranya dermaga Kalimas Surabaya, Dermaga Gresik, dan Lamongan. Sebagai sasaran khusus dalam kegiatan ini adalah kawasan yang memiliki dermaga 'tikus' (dermaga alternatif..red), “kata Kasubdit Patroli Ditpolairud Polda Jatim, AKBP Yanuar Herlambang. Selasa (21/06/2022). 

AKBP Yanuar Herlambang mengungkapkan, jika dermaga “tikus” ini dinilai jadi alternatif pendistribusian hewan ternak saat wabah PMK. Dalam hal ini, Ditpolairud Polda Jatim juga menggandeng sejumlah pihak di wilayah Pelabuhan, terutama karantina.
Selain mengawasi, Polair dan stakeholder terkait juga mengecek sapi yang tiba atau akan diberangkatkan di dermaga.

"Alhamdulillah, sudah dicek dulu oleh teman-teman kesehatan hewan, setiap ada pengiriman hewan ternak yang keluar masuk dermaga di cek Kesehatannya sebelum seluruh sapi tersebut masuk atau keluar Surabaya," kata AKBP Yanuar.

Dalam penanganan kasus PMK ini Ditpolairud Polda Jatim melibatkan sejumlah Satpolair se-Jatim untuk mengawasi masing-masing dermaga di tiap daerah.

“Sasarannya sama yaitu jalur tikus di Seluruh kawasan dermaga dan Pelabuhan di Seluruh Jawa Timur yang diduga bisa menjadi jalur alternatif peredaran hewan ternak,”jelasnya.

Sedikitnya ada 5 Dermaga utama yang masuk dalam pengawasan strategis yakni, Surabaya, Gresik, Banyuwangi, Sumenep, dan Jember.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:06
09:13
02:42
07:20
11:14
04:24
Viral