Vaksinasi PMK untuk hewan ternak di Mojokerto.
Sumber :
  • Ika Nurulla/tvOne

Bupati Mojokerto Gencarkan Vaksinasi PMK Jelang Idul Adha, Sapi Perah Jadi Prioritas

Senin, 27 Juni 2022 - 15:03 WIB

Mojokerto, Jawa Timur – Jelang Idul Adha, Pemerintah Kabupaten Mojokerto melalui Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Mojokerto menggencarkan vaksinasi untuk mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Peluncuran vaksin PMK ini dilakukan di KUD Dana Mulya, Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Senin (27/6/2021).

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan pada tahap pertama ini akan disuntikkan ke hewan ternak sebanyak 9.300 dosis.

"Sesuai arahan Kementerian Pertanian, vaksin akan diprioritaskan untuk komoditas sapi perah sehingga kita hari ini ada di KUD Dana Mulya yang memang adalah KUD untuk susu dari sapi perah," terangnya.

Penyuntikan vaksin ini akan dilaksanakan setiap hari. Ikfina menyebutkan, vaksinasi pada hewan berkuku belah dua ini dibatasi hingga tanggal 7 Juli.

"Semuanya harus selesai habis 9.300 dosis. Saya yakin bisa dilakukan oleh teman-teman Disperta karena pasti sudah direkap dan sudah ditandai mana-mana yang akan divaksin sesuai kriteria yang sudah ditentukan," jelasnya.

Ikfina optimis apa yang telah dilakukan bisa memutus mata rantai penyebaran PMK karena penyakit ini memiliki tingkat kematian yang rendah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral