jelang Idul Adha, PMK masih membuat resah pedagang sapi.
Sumber :
  • tim tvone - dimas farik

Jelang Idul Adha, Pasar Hewan Sepi, Pedagang Pilih Jual Ternaknya dari Rumah agar Tak Tertular PMK

Rabu, 29 Juni 2022 - 14:25 WIB

Bangkalan, Jawa Timur - Jelang Lebaran Idul Adha atau lebaran kurban, wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) semakin meluas hingga membuat para penjual dan pedagang sapi ternak di Bangkalan, Madura, resah.

Para pedagang sapi yang biasanya melakukan aktivitas jual beli di pasar, memilih untuk tidak pergi berjualan sapi ke pasar. Hal itu terpaksa dilakukan karena pendagang merasa khawatir, hewan ternak yang dibawa ke pasar akan tertular virus dari sapi lain. Akibatnya, aktivtias jual beli sapi di pasar menjadi sepi.

Menurut Firdaus, salah satu pedagang sapi asal Desa Banjaran, Kecamatan Kota Bangkalan, hampir beberapa minggu ini dirinya tidak lagi ke pasar sapi, lantaran khawatir sapi yang dibeli maupun dijual akan terjangkit PMK. 

Guna menghindari penyakit tersebut, ia terpaksa memilik jual beli di rumah. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi penularan wabah PMK. 

Sapi yang sudah terjual tidak langsung dibawa pulang oleh pembeli, melainkan dititipkan sementara di kandang penjual. Selain itu, sapi akan diambil setelah mendekati 1 sampai 2 hari lebaran kurban.

"Kondisi sapi saya dalam keadaan sehat, sebab tidak bawa kemana-mana. Alhamdulillah ada yang membeli, tapi kadang ia menitip di kadang, kalau sudah dekat Idul Adha bisa diambil oleh pembelinya," Kata Firdaus, pembeli sekaligus penjual sapi, Rabu (29/6).

Sapi yang mereka miliki seharga 15 hingga 20 juta rupiah. Sementara untuk menjaga sapi agar tetap sehat dan terhindar dari PMK, pedagang memberikan ramuan khusus kepada sapi seperti telur, kunyit, dan sereh. Sapi tentu menjadi sehat dan siap dijadikan hewan kurban. (fds/hen)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral