berstatus zona merah daerah penyebaran PMK, Pemkab ambil langkah tegas.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Status Zona Merah Penyebaran PMK, Pemerintah Kabupaten Lumajang Berlakukan Lockdown Hewan Ternak

Kamis, 30 Juni 2022 - 16:50 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Berstatus kawasan zona merah daerah penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), membuat Pemerintah Kabupaten Lumajang, mulai menerapkan langkah tegas.

Meski telah melonggarkan aktivitas jual beli kambing dalam skala lokal, Pemkab Lumajang memberlakukan karantina wilayah (lockdown) bagi hewan ternak.

Semua hewan ternak baik sapi, kambing, domba, hingga kerbau dilarang keluar masuk Lumajang untuk menghindari percepatan penyebaran wabah PMK.
Mengingat, Kabupaten Lumajang secara geografis bersebelahan dengan Kabupaten Probolinggo yang menempati urutan pertama penyebaran wabah PMK di Jawa Timur.

"Jadi satgas PMK untuk mengawasi pergerakan ternak agar tidak keluar dari kabupaten, kemudian sudah ada checkpoint jadi tidak bisa masuk," kata Ketua Satgas PMK Kabupaten Lumajang, Teguh Widjayono, Kamis (30/6). 

Menurut Teguh, pembatasan mobilitas ini tidak hanya diterapkan di Lumajang, tapi semua kabupaten dan kota se-Jawa Timur menerapkan hal serupa.

Informasi yang berhasil dihimpun, salah satu Pemkot di Jawa Timur telah membolehkan mobilitas hewan ternak masuk ke wilayahnya.

Aktivitas itu menyertakan surat rekomendasi pemasukan ternak yang dikeluarkan Pemkot setempat kepada peternak yang hendak memasukkan hewan ternaknya ke kota tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral