Petugas melakukan vaksinasi PMK pada sapi.
Sumber :
  • tvone - agus wibowo

Serbuan Vaksinasi PMK di Pacitan Sasar Ternak Sehat di Wilayah Perbatasan

Jumat, 1 Juli 2022 - 13:25 WIB

Pacitan, Jawa Timur - Sebagai langkah antisipasi penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), tim otoritas veteriner Pacitan terus menyalurkan ribuan dosis vaksin tahap pertama  terhadap ternak. Vaksinasi tahap pertama tersebut menyasar ternak sapi yang masih sehat.

Petugas kesehatan hewan bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian yang tergabung dalam Otoritas Veteriner gencar melaksanakan vaksinasi PMK  untuk ternak sapi yang tersebar di seluruh Kabupaten Pacitan. Vaksin tahap pertama sebanyak 2900 dosis yang digelontorkan dari Pemerintah Pusat, difokuskan di wilayah yang belum banyak ternak terdampak penyebaran wabah PMK.

Dalam satu hari, petugas melakukan penyuntikan vaksinasi sekitar 300 ekor ternak sapi. Sementara vaksin tahap pertama kali ini ditargetkan rampung sebelum Hari Raya Idul Adha pekan depan.

Pamuji, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pacitan menjelaskan, vaksinasi tahap pertama ini diberikan kepada ternak sapi yang masih sehat. Sasarannya ternak yang berada di wilayah perbatasan. Sedangkan untuk sapi yang sudah terjangkit PMK hanya dilakukan pengobatan.

"Menghadapi Idul Adha ini, petugas gencar melaksanakan vaksinasi PMK di sejumlah wilayah. Prioritasnya Sapi Sehat yang ada di wilayah perbatasan. Sementara itu, berdasarkan data terbaru capaian vaksinasi PMK di Pacitan tahap pertama ini sudah mencapai 972 ekor sapi mulai tanggal 27 Juni 2022 lalu,"jelasnya.

Jumingan, salah seorang warga Kecamatan Donorojo ini merasa senang dengan vaksinasi PMK yang sudah mulai disalurkan. Dengan harapan ternak yang mereka pelihara dapat terhindar dari wabah PMK.

"Ternak sapi saya tadi dicek Kesehatan dalam kondisi sehat dan tidak tertular PMK. Semuanya Tadi dilakukan vaksinasi PMK, Alhamdullilah,"terangnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral