Mendes PDTT saat datangi Bumdesma Bungah.
Sumber :
  • tvone - habib

Punya Aset Hingga Rp8,1 Miliar, Mendes PDTT Jadikan Bumdes di Gresik Pilot Project Nasional

Sabtu, 2 Juli 2022 - 07:56 WIB

Gresik, Jawa Timur - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, memantau langsung lokasi Bumdes di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik yang kini mempunyai aset mencapai Rp8,1 miliar dari modal awal yang hanya sebesar Rp2,2 miliar.

Kedatangan Halim ke Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) di Bungah Gresik itu karena Bumdes tersebut kini menjadi salah satu pilot project (proyek percontohan) nasional dalam pengelolaan keuangan dana bergulir Eks UPK PNPM Mandiri dengan pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

"Bumdesma ini menjadi salah satu pilot project dari Eks UPK PNPM Mandiri. Ini akan kita kembangkan seluruh Indonesia. Saat ini kami mengambil pilot project di Bungah Gresik ini,” ujar pria yang akrab disapa Gus Menteri itu, Jumat (1/7/2022).

Halim menyebut project ini hadir setelah keluarnya undang- undang Cipta Kerja. Nantinya seluruh Bumdesma akan didorong untuk mendirikan PT LKM (Lembaga Keuangan Mikro) sehingga bisa mengelola keuangan dana bergulir dengan didampingi OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

"Lah itu nanti Bumdesma ini akan menjadi salah satu lembaga keuangan yang sangat kuat dan memiliki kapasitas memadai sesuai standar OJK,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Gresik M Abdul Qodir menambahkan, saat ini belum ada regulasi di Gresik terkait Bumdesma sehingga pemerintah daerah belum mempunyai kewenangan.

“Regulasi di daerah belum ada, mungkin nanti kami bahas gimana agar pemda bisa punya kewenangan di sana,” ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral