Warga menyantap tumpeng dalam ritual Tumpeng Sewu di Desa Kemiren, Banyuwangi, Minggu (3/7/2022) malam..
Sumber :
  • Tim tvOne/Happy Oktavia

Tradisi Unik Suku Osing: Satu Desa Jemur Kasur Bareng-bareng Jelang idul Adha

Minggu, 3 Juli 2022 - 21:29 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Warga suku Osing di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi menggelar tradisi Tumpeng Sewu, Minggu (3/7/2022) malam. Ritual ini bertujuan menolak bala dan mendoakan desa dari mara bahaya. Tradisi ini merupakan kegiatan turun temurun, rutin digelar sebelum datangnya Iduladha.

Prosesi Tumpeng Sewu dimulai sejak pagi. Warga menjemur kasur di depan rumah masing-masing, maknanya, membersihkan segala kekotoran dalam rumah. 

Kemudian, menjelang sore, digelar barong ider bumi. Kesenian barong diarak berkeliling kampung, arak-arakan berakhir di pusat desa. Selama arak-arakan barong, warga seluruhnya keluar rumah. 

Mereka duduk rapi di depan rumah masing-masing sambil menyediakan tumpeng. Jenis tumpengnya menggunakan makanan khas pecel pitik. Bahannya, ayam panggang diramu dengan sambal kelapa.

Ritual ditandai dengan doa yang dibacakan sesepuh kampung. Doa ini memohon perlindungan Yang Maha Kuasa agar dijauhkan dari segala bahaya. Selama prosesi, warga juga memasang obor di depan rumah, suasananya terasa religius. 

“Ini adalah ritual warisan leluhur. Kami, selalu menggelarnya setiap tahun,” kata Suhaimi, sesepuh Desa Kemiren.

Selama prosesi, warga dari luar desa juga berdatangan. Mereka bebas ikut menyantap tumpeng. Sejumlah wisatawan luar kota juga berdatangan, apalagi ritual Tumpeng Sewu masuk dalam agenda pariwisata di Banyuwangi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral