Pria asal Banyuwangi, Ahmad Kholil berangkat haji dengan undangan Pemerintah Arab.
Sumber :
  • istimewa

Terungkap, Kebiasaan Pria Pengumpul Barang Bekas Asal Banyuwangi yang Diundang Haji Pemerintah Arab Saudi

Senin, 4 Juli 2022 - 05:55 WIB

Banyuwangi, Jawa Timur – Pria asal Banyuwangi, Ahmad Kholil (49) yang ketiban berkah mendapat undangan ibadah haji dari Pemerintah Arab Saudi dikenal sebagai pengurus musala. Pria yang sehari-harinya berburu barang bekas ini hampir setiap hari menjadi imam ketika sholat berjamaah. Dia juga dikenal sebagai keluarga santri.

Sejak remaja, Kholil, panggilan akrabnya sudah masuk pondok pesantren. Begitu juga saudara-saudaranya.

“Jadi, Kholil itu memang menjadi pengurus mushola, kalau sholat berjamaah selalu menjadi imam,” kata Mahfud Syamsul Hadi, kakak Kholil, Minggu (3/7/2022) .

Tak ada firasat apapun dari keluarga jika Kholil akan ketiban berkah. Namun, sejak remaja, Kholil memang bermimpi bisa berangkat haji. Meski, penghasilannya pas-pasan. Dia juga rajin bekerja hingga larut malam. Ketika siang, Kholil berburu kardus bekas, termasuk sepeda bekas. Begitu malam, dia mengecat sepeda bekas itu untuk dijual lagi.

“Kalau ditegur jika bekerja sampai malam, jawabnya pasti biar bisa naik haji,” jelas Mahfud.

Kini, Kholil sudah menjalankan prosesi haji di Mekkah. Bahkan, sudah mengikuti tawaf. Keluarga juga menggelar doa di rumah, berharap Kholil bisa mengikuti rangkaian haji dengan lancar.

“Kami juga terus berkomunikasi dengannya. Saat ini kondisinya sehat,” ujar Mahfud.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:40
03:35
01:05
01:25
06:32
09:22
Viral